by

Lenovo Legion Y530: Laptop Gaming Anti Mainstream

Lenovo Legion – Kamu seseorang yang bekerja menggunakan komputer, tapi juga suka bermain game? Saya punya rekomendasi laptop untukmu!

Meskipun ini laptop, tapi performanya tidak kalah dengan komputer desktop. Bahkan, mungkin bisa mengalahkan performa komputer desktop-mu yang sekarang. Jadi kamu tidak perlu membeli komputer desktop dan laptop di waktu yang sama karena Lenovo Legion Y530 bisa memenuhi kebutuhan kerja sekaligus hobimu.

Laptop ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Prosesor: Intel Core i5-8300H

Os: Windows 10 Home

Kartu Grafis: NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4 GB DDR 5

Memori: 8 GB 2666 mhz up to 32 GB

Storage: 1 TB HDD plus 16 GB Intel OPTANE

Layar: 15,6 inci (1920 x 1080)

Bagaimana? Dari spesifikasinya saja sudah kelihatan gaharnya laptop ini, kan? Kalau begitu, langsung saja simak pengalaman saya saat menggunakan laptop tersebut–Lenovo Legion Y530.

1. Desain

Kesan pertama saya saat melihat Lenovo Legion Y530 adalah desainnya sangat anti mainstream.

Pasalnya, di bagian belakang ada part yang terpotong dan engselnya agak maju ke depan. Alasan Lenovo memajukan letak engsel tersebut adalah untuk mengoptimalkan sistim pendingin. Dan yang mengejutkan, engsel ini rupanya bisa dibuka hingga 180 derajat. Sungguh sesuatu yang tidak biasa pada laptop gaming.

Lenovo Legion

Berkat majunya engsel ini, Lenovo bisa memanfaatkan bagian di belakang yang kosong untuk menaruh port-port, yang mana biasanya ditaruh di samping. Meski begitu, jika melihat ke bagian samping, kamu masih akan menemukan sejumlah port karena laptop ini memang memiliki banyak port.

Menurut saya pribadi, dengan desain seperti itu rasanya lebih baik karena kabel jadi tertata dengan rapi. Jadi kalau kamu menggunakan laptop ini sebagai pengganti komputer desktop, kabel-kabelnya akan jadi lebih sedap dipandang mata.

Terakhir, Lenovo Legion Y530 ini sangat cocok untuk mobile. Itu karena berat laptop tersebut hanya sekitar 2,3 kg dengan ketebalan 2,4 cm.

2. Layar

Layar Lenovo Legion Y530 menggunakan besel sangat tipis yang mengharuskan web cam-nya pindah lokasi ke bagian bawah. Jadi saat melakukan video call atau live streaming, kamu harus menggunakan kursi yang lebih rendah agar wajahmu bisa masuk ke frame kamera.

Layar tersebut memiliki dimensi 15, 6 inci dengan panel IPS. Itu artinya kamu bisa menggunakan latop ini di luar ruangan tanpa takut silau atau warnanya berubah.

Sayangnya, jika kita membandingkan dengan seri sebelumnya, kamu akan menyadari kalau tidak ada upgrade yang berarti. Warna sRGB-nya masih sekitar 56% dan 36% untuk Adobe RGB dengan brightnes 300 nits. Untuk resolusinya, Lenovo Legion Y530 sudah Full HD dan mempunyai kecepatan frame 144 hz.

3. Performa

Pertama-tama saya mencoba mamainkan PES 2018 di laptop ini. Hasilnya adalah game tersebut sangat lancar dan fps-nya stabil di angka 60. Padahal, pengaturan grafisnya sudah very high.

Kemudian saya berlanjut ke game lain. Sekarang saya memainkan CS: GO. Tentu saja saya tanpa ragu langsung mengatur grafisnya ke rata kanan alias high. Fps yang saya dapatkan tidak tanggung-tanggung, yaitu 120. Jadi saya sama sekali tidak merasakan lag atau semacamnya.

Ketiga, saya memainkan game yang menjadi tolok ukur laptop gaming di zaman ini: PUBG. Pengaturan grafis default yang saya dapatkan tidak rata kanan; ada beberapa bagian yang settingannya low dan very low. Meski begitu, Lenovo Legion Y530 masih bisa diandalkan karena fps-nya berada di sekitar angka 60.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *